Pengertian Pembangunan Ekonomi

Pengertian Pembangunan Ekonomi - Apakah yang dimaksud dengan pembangunan ekonomi itu? Pembangunan ekonomi dapat diartikan sebagai kegiatankegiatan yang dilakukan suatu negara untuk mengembangkan kegiatan ekonomi dan taraf hidup masyarakatnya. Atau suatu proses multidimensional yang menyebabkan pendapatan per kapita penduduk suatu negara meningkat dalam jangka panjang. Dari definisi di atas konsep pembangunan ekonomi mempunyai empat sifat penting yaitu: (1) suatu proses perubahan yang terus-menerus, (2) mengakibatkan perubahan sosial, (3) berupaya meningkatkan GNP per kapita, dan (4) ekonomi berlangsung dalam jangka waktu yang panjang. Beberapa ekonom membedakan pengertian pembangunan ekonomi (economic development) dengan pertumbuhan ekonomi (economic growth). Istilah pembangunan ekonomi menurut beberapa ekonom adalah sebagai:

Pembangunan Ekonomi

  • peningkatan pendapatan perkapita masyarakat yaitu tingkat pertambahan GDP (Gross Domestic Product)/GNP (Gross National Product) pada suatu tahun tertentu adalah melebihi tingkat pertambahan penduduk, atau
  • perkembangan GDP/GNP yang terjadi dalam suatu negara yang dibarengi oleh adanya perombakan dan modernisasi struktur ekonominya. Sedangkan pertumbuhan ekonomi sebagai kenaikan GDP tanpa melihat apakah kenaikan itu lebih besar atau lebih kecil dari pertumbuhan penduduk. Selain itu, juga tanpa melihat apakah ada atau tidaknya perubahan dalam struktur ekonomi maupun nonekonomi.


Beberapa kriteria pengukuran keberhasilan pembangunan ekonomi di antaranya adalah: pendapatan nasional, pendapatan per kapita, distribusi pendapatan, peranan sektor industri dan jasa, kesempatan kerja, stabilitas ekonomi, dan neraca pembayaran luar negeri. Pada umumnya pembangunan ekonomi diarahkan untuk mencapai sasaran sebagai berikut.

  1. Meningkatkan ketersediaan barang-barang kebutuhan pokok seperti pangan, papan, kesehatan, dan perlindungan;
  2. Meningkatkan taraf hidup;
  3. Memperluas jangkauan pemulihan ekonomi dan sosial bagi setiap individu.
  4. Meningkatkan pendapatan dan penyediaan lapangan kerja; dan
  5. Meningkatkan pendidikan yang lebih baik, sehingga dapat memperbaiki kesejahteraan material dan menghasilkan rasa percaya diri sebagai individu maupun sebagai suatu bangsa.


Beberapa faktor yang memengaruhi proses pembangunan ekonomi, adalah: (1) sumber daya alam (kesuburan tanah, aneka barang tambang, minyak bumi, mineral, kekayaan hasil hutan, lautan, dan sebagainya), (2) sumber daya manusia, (3) teknologi dan modal, dan faktor budaya (pola hidup hemat dan saling tolong-menolong).
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 11/25/2015

Ditulis Oleh : Budianto SPd ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Pembangunan Ekonomi yang ditulis oleh Budhii WeBlog yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Budhii WeBlog

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top