-->
Motivasi Menulis

Contoh Proses Pengendapan

Contoh Proses Pengendapan/Sedimentasi - Hasil erosi oleh air, angin, dan gletser, pada proses selanjutnya akan dibawa ke tempat yang lebih rendah untuk diendapkan. Adapun contoh hasil-hasil pengendapan sebagai berikut.

Contoh peristiwa pengendapan


  • Di muara-muara sungai terdapat endapan berupa delta, misalnya delta Sungai Cimanuk, delta Sungai Brantas, dan lain-lain. Endapan juga terjadi di lembah-lembah sungai, terutama sungai yang ada di tempat datar dan berkelok-kelok.
  • Debu yang diangkut oleh angin diendapkan di tempat-tempat lain yang berupa bukit-bukit pasir yang disebut sand dunes atau berupa bulan sabit yang disebut berkhan.
  • Air laut di dekat pantai yang datar biasanya terdapat pula endapan pasir, yang disebut gosong pasir. Gosong pasir ini dapat tumbuh tinggi dan dapat membentuk empangan.
  • Batuan yang diangkut oleh luncuran gletser diendapkan pada perjalanannya yang terakhir, yaitu tempat es mencair. Endapan ini berupa tanggul-tanggul yang disebut morena, misalnya yang terdapat di lereng-lereng Pegunungan Jaya Wijaya, pegunungan di Swiss, dan pegunungan di Norwegia.

Labels: geografi

Thanks for reading Contoh Proses Pengendapan. Please share...!

0 Komentar untuk "Contoh Proses Pengendapan"

Back To Top