Kurikulum Tersembunyi (Hidden Curriculum)

Kurikulum Tersembunyi (Hidden Curriculum) - Kurikulum tersembunyi pada dasarnya adalah hasil dari suatu proses pendidikan yang tidak direncanakan. Artinya, perilaku yang muncul di luar tujuan yang dideskripsikan oleh guru.

Ilustrasi

Kurikulum pada hakikatnya berisi ide atau gagasan. Ide atau gagasan itu selanjutnya dituangkan dalam bentuk dokumen atau tulisan secara sistematis dan logis yang memerhatikan unsur Scope dan sequence , selanjutnya dokumen tertulis itulah yang dinamakan dengan kurikulum yang terencana. Salah satu isi yang terdapat dalam dokumen kurikulum itu adalah sejumlah daftar tujuan yang harus dicapai oleh peserta didik. Tujuan itulah yang selanjutnya dijadikan pedoman oleh guru dalam proses pembelajaran sebagai tahap implementasi kurikulum. Pada kenyataannya hasil dari proses pembelajaran itu, selain sesuai dengan tujuan perilaku yang dirumuskan.juga ada perilaku sebagai hasil belajar di luar tujaun yang dirumuskan. Inilah hakikat dari kurikulum tersembunyi, ykni efek yang muncul sebagai hasil belajar yang sama sekali di luar tujuan yang dideskripsikan.

Kemudian faktor apa saja yang dapat mempengaruhi hasil yang tidak direncanakan itu? ada dua aspek yang dapat mempengaruhi perilku sebagai hideen curriculum, itu, yaitu aspek yang relatif tetap dan aspek yang dapat berubah. Yang dimaksud dengan aspek relatif tetap adalah ideologi, keyakinan, nilai budaya masyarakat yang mempengaruhi sekolah termasuk di dalamnya menentukan budaya apa yang patut dan tidak patut diwaariskan oleh generasi bangsa. Aspek yang dapat berubah meliputi variabel organisasi sistem sosial dan kebudayaan. Variabel organisasi meliputi bagaimana guru mengelola kelas, bagaimana pelajaran diberikan, bagaimana kenaikan kelas dilakukan. Sistem sosial meliputi bagaimana pola hubungan sosial antara guru, guru dengan peserta didik, guru dengan staf sekolah, dan lain sebagainya.


Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 5/24/2015

Ditulis Oleh : Budianto SPd ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Kurikulum Tersembunyi (Hidden Curriculum) yang ditulis oleh Budhii WeBlog yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Budhii WeBlog

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top