Pengertian Pasar Persaingan Sempurna

Pengertian Pasar Persaingan Sempurna - Sesuai dengan bentuknya. Pasar memiliki ciri-ciri yang berbeda-beda. Dari cirinya dapat terlihat pengertian masing-masing dengan mengambil bentuk pasar dari sisi penawarannya.

Ini adalah pasar di mana terdapat banyak pembeli dan banyak penjual yang menjual barang yang sama, sehingga ada pihak yang bisa mempengaruhi harga pasar. Akibatnya, penjual tidak bisa seenaknya menentukan harga. Karena ketidakmampuan menentukan harga pasar, kedua belah pihak disebut sebagai penerima harga.

Kita dapat melihat pasar berbagai bahan pokok sebagai contohnya seperti pasar wortel, kentang, cabai, telur, dan lain sebagainya. Lihatlah di pasar tradisional, semua tomat terlihat sama, bukan? Ini karena semua petani tomat menanam bibit yang relatif sama. Akibatnya, tidak ada satu  petani pun yang bisa menentukan harga, pasar pembeli akan meninggalkannya. Harga ditentukan oleh pasar atau oleh jumlah permintaan dan penawaran. Inilah mengapa penjual dan  pembeli disebut price taker.

Di pasar persaingan sempurna, pemain juga bebas keluar masuk pasar. Pembeli juga bebas meimilih barang yang ingin dibeli (meskipun sebenarnya barangnya di mana-mana sama saja). Karena barang yang tersedia banyak, distribusi barang relatif lancar.

Meskipun demikian di dunia nyata, tidak ada pasar yang benar-benar bersifat persaingan sempurna. Yang ada adalah kecenderungan ke bentuk persaingan sempurna.
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 3/27/2015

Ditulis Oleh : Budianto SPd ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Pasar Persaingan Sempurna yang ditulis oleh Budhii WeBlog yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Budhii WeBlog

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top