Motivasi Menulis

Pengertian Instrumen Penelitian

Pengertian Instrumen Penelitian - Prinsip penelitian adalah melakukan pengukuran. Oleh karena itu, harus ada alat ukur yang digunakan. Alat ukur itu, sering disebut sebagai instrument penelitian. Instrument adalah suatu alat yang digunakan untuk mengukur fenomena alam maupun sosial  yang di amati. Menurut Suharsimi (1996), Instrumen penelitian adalah suatu alat atau fasilitas yang digunakan peneliti dalam mengumpulkan data agar pekerjaannya lebih mudah dan hasilnya lebih baik, dalam arti lebih cermat, lengkap, dan sistematis sehingga lebih mudah diolah. Jadi, instrument penelitian adalah alat yang digunakan dalam melakukan pengukuran, dalam hal ini alat unuk mengumpulkan data pada suatu penelitian.  Instrumen-instrumen yang digunakan untuk mengukur dalam penelitian ada yang sifatnya baku dan ad yang tidak baku. Instrument yang sifatnya sudah baku biasanya dijumpai dalam  penelitian ilmu-ilmu eksakta, seperti termometer, yaitu alat untuk mengukur suhu tubuh , 

Instrumen penelitian

timbangan(neraca), yaitu alat ukur mengukur berat. Instrumen yang sifatnya tidak baku biasanya relative dijumpai dalam penelitian ilmu-ilmu sosial. Untuk itu, perlu dibuat instrument-instrmen yang sesuai dengan standar, artinya sesuai dengan aturan-aturan yang berlaku. 

Instrumen-instrumen yang digunakan untuk mengukur variable dalam ilmu alam sudah banyak tersedia dan sudah teruji validitas dan relabilitasny. Validitas-validitas dalam ilmu alam misalnya panas, maka instrumennya adalah calorimeter, variable suhu maka instrumennya thermometer, variable panjang maka instrumennya adalah mistar. Instrumen-instrumen mudah didapat dan telah teruji validitasnya dan reliabilitasnya, kecuali yang rusak dan palsu. Instrumen-instrumen yang rusak atau palsu bila digunakan untuk mengukur harus diuji validitasnya dan reliabilitasnya terlebih dahulu. 

Instrumen-instrumen dalam penelitian pendidikan memang ada yang sudah tersedia dan telah teruji validitas dan reliabilitasnya,  seperti instrument untuk mengukur motif berprestasi,  (n-ach untuk mengukur sikap, mengukur IQ, mengukur bakat dan lain-lain. Walaupun instrumen-instrumen sudah ada tetapi sulit untuk dicari, dimana harus dicari dan apakah bisa dibeli atau tidak, selain itu instrumen-instrumen  dalam bidang sosial maupun telah teruji validitas analisis reabilitasnya, tetapi bila digunakan untuk tempat tertentu belum tentu tepat dan mungkin tepat dan mungkin tidak valid dan reliabel lagi. Jumlah instrumen penelitian terggantung dari jumlah variabel penelitian yang telah ditetapkan untuk diteliti. Misalnya akan meneliti tentang “pengaruh kepemimpinan dan iklim kerja sekolah terhadap  prestasi belajar anak”. Dalam hal ini ada tiga instrumen yang perlu dibuat  yaitu instrumen yang mengukur kepemimpinan, instrumen yang mengukur iklim kerja sekolah, dan instrument yang mengukur prestasi belajar murid. 

Labels: Metode Penelitian

Thanks for reading Pengertian Instrumen Penelitian. Please share...!

0 Komentar untuk "Pengertian Instrumen Penelitian"

Back To Top