Pembuatan Kisi-kisi Penyusunan Instrumen Penelitian

Pembuatan Kisi-kisi Penyusunan Instrumen Penelitian - Sebelum instrumen penelitian disusun, perlu dibuat dulu kisi-kisi penyusunan instrumen tersebut. Kisi-kisi penyusunan minimal memuat tiga komponen, yaitu: variabel atau aspek yang akan diukur/dihimpun datanya, teknik pengumpulan data, dan sumber data atau responden. Kalau variabel atau aspeknya cukup luas, maka perlu dibagi atau diurai atas sub variabel atau sub aspek. Setiap variabel-sub variabel atau aspek-sub aspek diurai atau dirinci menjadi deskripsi keadaan, kegiatan atau perilaku yang dapat diukur atau diamati. Kalau instrumennya bersifat mengukur, maka perlu dicantumkan kriteria penguasaannya.

Kisi-Kisi Instrumen Penelitian

Rincian atau penguraian variabel diambil dari definisi operasional. Seperti telah dikemukakan dalam pertemuan/perkuliahan sebelumnya, bahwa definisi operasional adalah suatu rumusan yang menggambarkan keadaan, kegiatan atau perilakau yang dapat diukur atau diamati. Dalam membuat rumusan tersebut, kalau bisa dirumuskan dalam suatu definisi yang utuh lebih baik, tetapi kalau sulit bisa dirumuskan dalam bentuk butir-butir indikator dari keadaan atau keadaan tersebut.
Dalam contoh judul penelitian korelasional yang telah dikemukakan dalam pertemuan/perkuliahan  sebelumnya , yang berbunyi:

Hubungan antara partisipasi guru, dan Komite sekolah dengan pelaksanaan program sekolah
Ada tiga variabel yang perlu didefinisikan, yaitu: partisipasi guru, partisipasi Komite Sekolah, dan pelaksanaan program sekolah. Ketiga variabel tersebut dibatasi dan didefinisikan sebagai berikut:
1) Pelaksanaan program sekolah adalah: penyusunan rencana, pelaksanaan, evaluasi dan penyempurnaan kegiatan kurikuler, ekstra kurikuler, pengembangan sarana-prasarana dan fasilitas pembelajaran.
2) Partisipasi guru adalah: kesediaan dan aktivitas guru melakukan tugas-tugas kurikuler, ekstra kurikuler dan pengembangan fasilitas pembelajaran yang  menjadi tanggung jawabnya.
3) Partisipasi Komite Sekolah adalah: kesediaan dan aktivitasnya pengurus dan anggota Komite Sekolah membantu merencanakan, melaksanakan, menyempurnaan pengembangan sarana-prasarana dan fasilitas pembelajaran.

Agar hubungan antara variabel-sub variabel atau aspek-sub aspek dengan teknik-teknik pengumpulan data dan sumber data yang digunakan jelas maka kisi-kisi tersebut perlu disusun dalam sebuah matriks.

Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 2/15/2015

Ditulis Oleh : Budianto SPd ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pembuatan Kisi-kisi Penyusunan Instrumen Penelitian yang ditulis oleh Budhii WeBlog yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Budhii WeBlog

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top