Sifat Alkali dan Alkali Tanah

Sifat alkali dan alkali tanah - Unsur-unsur kedua golongan tersebut sebagai berikut.

alkali tanah

Golongan alkali Golongan alkali tanah
Li (Litium) Be (Berilium)
Na (Natrium) Mg (Magnesium)
K (Kalium) Ca (Kalsium)
Rb (Rubidium) Sr (Stronsium)
Cs (Sesium) Ba (Barium)
Fr (Fransium) Ra (Radium)

Dalam sistem periodik, alkali terletak pada golongan IA (kecuali H) dengan elektron valensi 1 yaitu ns1. Sedangkan alkali tanah terletak pada golongan IIA dengan elektron valensi 2 yaitu ns2. Kedua golongan ini dimulai pada periode 2. Dengan elektron valensi yang kecil, maka kedua golongan ini sangat mudah melepaskan elektron, yaitu mudah melakukan reaksi oksidasi. Dengan demikian kedua golongan ini disebut sebagai zat pereduksi yang kuat (reduktor kuat). Sifat reduksinya makin ke kiri makin kuat dan makin ke bawah makin kuat.

Jadi, sifat reduktor alkali lebih kuat dibanding alkali tanah. Berdasarkan mudahnya melepaskan elektron, maka secara umum sifat-sifat kedua golongan tersebut sebagai berikut.

  • Sebagai reduktor kuat.
  • Mudah bereaksi (sangat reaktif) dengan unsur-unsur nonlogam.
  • Mudah bereaksi dengan air kecuali Be. Sedangkan Mg bereaksi dengan air panas. Reaksi dengan air menghasilkan gas hidrogen dan membentuk basa.

2 Na(s) + 2 H2O(l) 􀁯 2 NaOH(aq) + H2(g)
Ca(s) + 2 H2O(l) 􀁯 Ca(OH)2(aq) + H2(g)

  • Oksidanya dalam air bersifat basa sehingga disebut oksida basa.

Na2O + N2O 􀁯 2 NaOH
CaO + H2O 􀁯 Ca(OH)2
Kedua logam tersebut bersifat alkalis (pembentuk basa).

  • Logam alkali tanah dapat bereaksi dengan gas nitrogen pada suhu tinggi, menurut reaksi:

3 Mg + N2 􀁯 Mg3N2
Sedangkan pada alkali hanya logam Li yang dapat bereaksi dengan nitrogen.
6 Li + N2 􀁯 2 Li3N

  • Logam alkali sifat kelogamannya lebih kuat dibanding sifat logam alkali tanah. Dalam satu golongan, baik alkali maupun alkali tanah makin ke bawah makin kuat sifat logamnya. Sesium paling bersifat logam dan litium kurang bersifat logam. Barium merupakan logam alkali tanah paling reaktif, sedangkan berilium merupakan logam yang kurang reaktif.

Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 1/26/2015

Ditulis Oleh : Budianto SPd ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Sifat Alkali dan Alkali Tanah yang ditulis oleh Budhii WeBlog yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Budhii WeBlog

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top