Pengertian Root di HP Android

Pengertian Root di HP Android  - Pernah dengar kata ROOT... jika anda punya HP android, pasti suatu saat akan meng-ROOT hape anda. Nyatanya walaupun  sudah banyak pengguna anroid namun belum banyak yang mengetahui tentang arti dari root ini. Nah lewat artikel ini kita akan bahas tuntas tentang pengertian dari ROOT.


ROOT ANDROID

Pengertian ROOT: Arti Root Android adalah memodifikasi handphone atau tablet supaya user mendapatkan akses penuh ke dalam sistem Android (mirip perintah Run as administrator di Windows ataupun mengetikkan perintah sudo di terminal Linux). Intinya, root ini punya akses tanpa batas yang bisa mengubah, menghapus, menambah, bahkan merusak semua yang ada didalam sistem handphone kita. Nge-root artinya nge-hack sistem handphone supaya kita (pemilik dan pengguna HP) punya akses ke account root tersebut ,jadi kitalah yang punya kekuasaan penuh pada HP android yang kita punya.

Fungsi Root: Fungsi root Android adalah untuk memberi hak penuh kepada pengguna Android untuk dapat masuk ke sistem Android. Dengan melakukan Root, pengguna dapat menambah, mengurangi maupun memodifikasi file-file atau data-data yang terletak pada sistem Android yang bila dalam keadaan standar (belum root) file-file tersebut tidak dapat di akses. Bila dianalogikan sistem operasi komputer Windows, fungsi root Android adalah memberikan hak administrator kepada pengguna.

Tutorial Root Android

Cara root Android paling mudah adalah menggunakan SuperOneClick, applikasi freeware ini bisa berjalan di Windows maupun Linux (Ubuntu dan Debian). SuperOneClick dapat didownload dari XDA Developers atau shortfuse.org..

Persiapan root android dengan SuperOneClick :
  1. PC sudah terinstall Microsoft .NET Framework 2.0 atau versi yg lebih tinggi Sudah menginstall USB Driver untuk Handphone Android yang akan diroot
  2. Android berada di kondisi USB Debugging mode. (Settings > Applications > Development, pilih USB Debugging).
Perlu diingat dalam ROOT handphone anda caranya berbeda sesuai dengan merek smartphone anda.
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 1/06/2015

Ditulis Oleh : Budianto SPd ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Root di HP Android yang ditulis oleh Budhii WeBlog yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Budhii WeBlog

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top