Pengertian Hedonisme

Pengertian Hedonisme - Pernah dengar kata Hedonisme? Seperti kita ketahuai bersama jika sebuah kata ada imbuhan terakhirnya dengan imbuhan -isme maka dapat diartikan bahwa kata itu merupakan  suatu paham. Nah Hedonisme sendiri adalah suatu paham yang diantut seseorang. Hedonisme adalah pandangan hidup yang menganggap bahwa kesenangan dan kenikmatan materi adalah tujuan utama hidup. Orang yang memiliki paham seperti ini bersenang-senang, berpoya-poya, berplesiran, rekreasi merupakan hal yang biasa untuk dilakukan. Karena mereka memiliki tujuan hidup untuk mencapai suatu kesenangan dan kemudian menghindari semua perasaan yang menyakitkan dalam kata lain orang ini anti sedih.

Pengertian Hedonisme


Dalam etimologinya, Kata hedonisme diambil dari Bahasa Yunani ἡδονισμός hēdonismos dari akar kata ἡδονή hēdonē, artinya "kesenangan". Paham ini berusaha menjelaskan adalah baik apa yang memuaskan keinginan manusia dan apa yang meningkatkan kuantitas kesenangan itu sendiri. (wikipedia). Dari golongan penganut paham ini lah muncul Nudisme (gaya hidup bertelanjang). Pandangan mereka terangkum dalam pandangan Epikuris yang menyatakan,"Bergembiralah engkau hari ini, puaskanlah nafsumu, karena besok engkau akan mati."

Hedonisme Masa Kini

Sikap hidup hedonistik dalam pemahaman umum yang menggejala dalam masyarakat, yakni sikap hidup yang cenderung foya-foya dan lebih berkonotasi materi. Kenikmatan diukur dari sisi materi. Kecenderungan ini nampak juga dalam berbagai kebijakan dalam bidang ekonomi tanpa memperhitungkan konsekuensi logisnya. Kekayaan alam digali secara besar-besaran tanpa mempertimbangkan keseimbangan alam. Contoh lainnya adalah nilai-nilai hedonistik antroposentris, menurut Teuku Jacob (1988) sudah masuk dalam wilayah ilmu pengetahuan dan teknologi. Ilmu pengetahuan menjadi apendiks pasar. Sebagian ilmuwan tidak lagi berupaya  berkonsentrasi bagi penemuan-penemuan baru demi perkembangan ilmu, tetapi malah dijual ke  sektor industri.


Sikap hedonistik menurut pengamatan Teuku Jacob (1988) telah menggejala di seluruh dunia. Gejala universal ini sangat mencemaskan.. Hedonisme menurut anggapan umum identik dengan hidup enak dan foya-foya tanpa mempedulikan lagi akibat-akibat, termasuk bencana,  pada masa depan. Hedonisme dalam pengertian ini akan mengancam masa depan umat manusia  dan lingkungannya. Hedonisme menggejala sebagai sikap hidup yang memuja kenikmatan dan  kebahagiaan dari sisi materi saja. Kenikmatan selalu dipandang sebagai sesuatu yang sifatnya  jasmaniah saja. Nilai jasmaniah sebagai nilai utama. 


Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 12/20/2014

Ditulis Oleh : Budianto SPd ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Hedonisme yang ditulis oleh Budhii WeBlog yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Budhii WeBlog

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top