Derivat Lemak

Derivat Lemak - asam lemak dapat dinyatakan dengan nomenklatur pendek ditulis dengan menyatakan jumlah atom karbon, diikuti titik dua (:) dan jumlah rangkap.Selanjutnya di antara tanda kurung ditulis ikatan rangkap pertama terhadap ujung metil dengan huruf n atau omega.



Asam lemak Esensial (ALE) tidak dapat disintesis oleh tubuh sehingga harus diperoleh melalui makanan. Jenis asam lemak esensial tersebut digunakan untuk pertumbuhan dan fungsi normal semua jaringan. Asam arakidonat memiliki bentuk yang merupakan asam lemak esensial, namun asam tersebut dapat disintesis dari asam linoleat. Asam lemak esensial merupakan prekursor senyawa eikosanoid, yang mirip hormon protaglandin, prostaksiklin, tromboksan, dan leukotrien. Senyawa tersebut mempunyai fungsi mengatur tekanan darah, denyut jantung, fungsi kekebalan dan rangsangan sistem saraf, kontraksi otot, dan berperan dalam penyembuhan luka. Asam linoleat banyak dijumpai pada minyak biji-bijian seperti minyak jagung, minyak kacang kedelai, dan minyak bunga matahari.

Turunan asam lemak yang berasal dari ALE adalah asam arakidonat dari asam linoleat, dan eikosapentanoat disingkat EPA dan dekosaheksanoat disingkat DHA. Ketiga asam lemak tersebut bukan lemak esensial karena tubuh dapat mensintesis. Minyak ikan laut yang hidup di perairan kaya EPA dan DHA. A sam lemak omega 3 dapat membersihkan plasma dari kilomikron dan dari VLDL. Selain itu, asam lemak omega 3 juga diduga menurunkan produksi trigliserida dan apolipoproptein beta dalam hati. Berbagai penelitian menunjukkan asam lemak 3 dihubungkan dengn penyakit pencegahan penyakit jantung dan arthritis.
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 12/08/2014

Ditulis Oleh : Budianto SPd ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Derivat Lemak yang ditulis oleh Budhii WeBlog yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Budhii WeBlog

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top