Gerak Harmonik Pada Pegas

Gerak Harmonik Pada Pegas - Contoh benda yang dapat melakukan gerak harmonik adalah benda yang digantungkan pada pegas kemudian digetarkan (getaran pegas) dan benda yang digantung dengan tali kemudian diberi simpangan kecil dan diayun (ayunan sederhana). Perhatikan kegiatan tentang getaran pegas yang diilustrasikan pada gambar berikut.

Gerak Harmonik

Keterangan:
(a) : Sebuah beban dengan massa m digantungkan pada pegas dengan konstanta gaya K dan beban setimbang di titik B : Beban ditarik sampai ke bawah sampai di titik A sejauh y

Pada saat itu timbul gaya pegas F = K.y dengan arah menuju titik setimbang (ke atas) sehingga pada saat beban dilepaskan beban bergerak ke atas sampai melampaui titik setimbang.

Setelah beban melampaui titik setimbang arah gaya pegas ke bawah (kearah titik setimbang). Setelah beban sampai di titik C, beban bergerak ke bawah, selanjutnya beban bergerak harmonik. Gaya penggetar selalu mengarah ke titik setimbang.
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 10/15/2014

Ditulis Oleh : Budianto SPd ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Gerak Harmonik Pada Pegas yang ditulis oleh Budhii WeBlog yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Budhii WeBlog

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top