-->
Motivasi Menulis

Pengertian Protein

Protein merupakan bagian terbesar tubuh setelah air. Diperkirakan, seperlima bagian tubuh adalah berupa protein. Protein dapat ditemukan di dalam otot, tulang, kulit, darah, enzim, hormon, dan matriks interseluler.



Protein berasal dari bahasa Yunani, proteus yang berarti “utama”. Sesuai dengan artinya, protein memiliki sejumlah manfaat penting, khususnya bagi tubuh. Dengan adanya protein, tubuh manusia dapat tumbuh dan berkembang dengan sempurna. Protein membentuk sel dan jaringan baru serta mengganti sel dan jaringan yang rusak. Protein juga berperan dalam mengatur kadar asam dan basa dalam tubuh, serta membentuk hormon dan enzim yang berperan dalam berbagai proses kimia tubuh.

Dalam kehidupan protein memegang peranan yang penting pula. Proses kimia dalam tubuh dapat berlangsung dengan baik karena adanya enzim, suatu protein yang berfungsi sebagai biokatalis. Di samping itu hemoglobin dalam butir-butir darah merah atau eritrosit yang berfungsi sebagai pengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh bagian tubuh, adalah salah satu jenis protein. Demikian pula zat-zat yang berperan untuk melawan bakteri penyakit atau yang disebut antigen, juga suatu protein.

 Protein tersusun dari rantai-rantai panjang asam amino yang terikat dalam ikatan peptida. Setiap asam amino terdiri atas unsure karbon, oksigen, dan nitrogen. Selain itu, pada beberapa asam amino juga ditemukan unsur2 lainnya, seperti fosfor, besi, iodium, dan kobalt.

Protein merupakan polimer alami yang terdiri atas monomer asam amino yang berikatan satu sama lain dalam ikatan peptida. Jaring laba-laba, serat sutera, bulu hewan otot, hormon, dan hemoglobin merupakan beberapa contoh protein.
Labels: Biokimia, Biologi, pendidikan

Thanks for reading Pengertian Protein. Please share...!

0 Komentar untuk "Pengertian Protein"

Back To Top