Pengertian Vitamin

Vitamin adalah bahan utama bagi fungsi tubuh dan kesehatan yang dibutuhkan dalam jumlah takaran yang lebih sedikit namun memiliki manfaat yang sangat berguna bagi tubuh. Vitamin digolongkan dalam dua golongan, yaitu vitamin yang larut dalam air dan vitamin yang larut dalam lemak. Vitamin yang larut dalam air mempunyai toksisitas rendah, karena jumlah yang berlabihan cepat diekskresi melalui urin, sebaliknya pemakaian vitamin yang larut dalam lemak dengan jumlah yang berlebihan akan menyebabkan tertimbunnya senyawa tersebut dalam tubuh dan dapat menimbulkan efek toksik.

macam-macam vitamin

Vitamin memiliki peranan spesifik di dalam tubuh dan dapat pula memberikan manfaat kesehatan. Bila kadar senyawa ini tidak mencukupi, tubuh dapat mengalami suatu penyakit. Tubuh hanya memerlukan vitamin dalam jumlah sedikit, tetapi jika kebutuhan ini diabaikan maka metabolisme di dalam tubuh kita akan terganggu karena fungsinya tidak dapat digantikan oleh senyawa lain. Gangguan kesehatan ini dikenal dengan istilah avitaminosis. Contohnya adalah bila kita kekurangan vitamin A maka kita akan mengalami kerabunan. Di samping itu, asupan vitamin juga tidak boleh berlebihan karena dapat menyebabkan gangguan metabolisme pada tubuh.

Vitamin yang diklasifikasikan sebagai air -larut atau lemak-larut. Pada manusia ada 13 vitamin: 4 larut dalam lemak (A, D, E, dan K) dan 9 larut dalam air (8 vitamin B dan vitamin C). Vitamin yang larut air mudah larut dalam air dan, secara umum, dapat segera dikeluarkan dari tubuh, untuk gelar bahwa output kemih merupakan prediktor kuat konsumsi vitamin. Karena mereka tidak mudah disimpan, asupan harian konsisten adalah penting. Banyak jenis vitamin yang larut dalam air disintesis oleh bakteri.  Fat -larut vitamin yang diserap melalui saluran usus dengan bantuan lipid (lemakKarena mereka lebih cenderung menumpuk dalam tubuh, mereka lebih cenderung mengarah pada Hypervitaminosis daripada vitamin larut air. vitamin larut peraturan-Fat arti yang sangat penting dalam cystic fibrosis .

Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 10/21/2012

Ditulis Oleh : Budhii Yanto ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Vitamin yang ditulis oleh Budhii WeBlog yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Budhii WeBlog

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top