Motivasi Menulis

Pengertian Ilmu Pendidikan Islam

Islam adalah agama yang diturunkan Allah kepada seluruh umat manusia melalui Rasul-Nya, Muhammad saw. Agama bukanlah pengetahuan, melainkan pemberitahuan dari Allah yang disebut wahyu. Agama, dengan demikian, merupakan sumber pengetahuan; dan pengetahuan yang bersumber padanya disebut pengetahuan keagamaan sering disebut teologi.

Pengetahuan keagamaan berbeda dari pengetahuan ilmiah (ilmu) dan pengetahuan filosofis (filsafat). Namun, masing-masing bisa saling memandang dan telah melahirkan disiplin-disiplin. "filsafat ilmu" dan "filsafat agama" sebagai hasil karya filosof dan memfilsafati ilmu dan agama. Ilmu Pendidikan Islam Bukanlah hasil saling-pandang tersebut, bukan perspeksi ilmu ilmuwan terhadap agama, melainkan pemanfaatan ilmu untuk agama. Jadi, yang dimaksud dengan ilmu pendidikan Islam adalah ilmu ilmu tentang mendidik agar manusia beragama islam. Ilmu adalah alat usaha yang disebut pendidikan; dan pendidikan adalah alat untuk mencapai tujuan, yaitu beragama islam. 

Islam menerima ilmu dari manapun. Ajaran-ajaran Islam banyak menerangkan prinsip ini, Di antaranya ialah apa yang populer sebagai hadis Nabi SAW yang artinya :

" Tuntutlah ilmu walaupun di negeri Cina, " (H.R. Ibnu ' Addi dan al-Baihaqi)

Para ahli hadis barangkali kan mempersoalkan kualitas kesahihan hadis tersebut. Namun, hendaknya hal itu tidak menjadi penghalang untuk menerima ilmu dari manapun, termasuk dari Cina.

Allah menciptakan alam semesta, manusia dan alam sekitarnya lengkap dengan hukum-hukumnya yang disebut sunnatullah. Pernyataan Al-Quran dan sunnah Rasulullah saw. Mengisyaratkan sebagiannya dan lebih banyak memberi dorongan kepada manusia untuk mencarinya, baik dengan melakukan perjalanan di muka bumi maupun berpikir tentang alam sekitar dan dari diri manusia itu sendiri., sehingga diperoleh ilmu dan pelajaran yang menginsyafkannya akan keesaan dan kekuasaan Tuhan. Allah dan Rasul-Nya tidak mungkin berbohong dengan segala pernyataannya. Sementara itu, ilmu sebgaimana setiap pengetahuan lainnya mempunyai tiga dasar yaitu ontologi, epistemologi, dan aksiologi. Pada dasar epistomologis, ilmu berusaha mengungkapkan fakta sebagaimana adanya. Dengan demikaian, ilmu yang benar, yang mampu mengungkapkan fakta sebagaimana adanya, tidak mungkin bertentangan dengan Al-Quran dan Sunnah; tidak mungkin ada pertentangan anatara pernyataan dan kenyataan. 
Labels: Ilmu Pendidikan Islam, mata kuliah, pendidikan

Thanks for reading Pengertian Ilmu Pendidikan Islam. Please share...!

1 komentar on Pengertian Ilmu Pendidikan Islam

  1. kalau pendidikan islam dikatakan sebagai ilmmu yang mendidik manusia beragama islam, maka yang menjadi kajian ilmunya adalah orang yang belum beragama islam, kan tujuannya untuk menjadikan beragama islam. pertanyaannya bagaimana mungkin seseorang yang tadinya bergama non islam ingin menerima pendidikan islam? kecuali dari keinginannya sendiri. jadi apakah pendidikan islam ini diperuntukan bagi seorang muslim atau non muslim. kecuali jika dikatakan pendidikan islam itu untuk seorang muslim juga dalam artian untuk memperdalam agamanya bisa jadi... tapi kalo diktakan seperti yang di atas maka pendidikan islam itu hanya diperuntukan bagi nono muslim dunk

    BalasHapus

Back To Top