-->
Motivasi Menulis

Pengertian Biokimia

Biokimia merupakan ilmu yang mempelajari dasar kimia kehidupan, sehingga sering dikatakan sebagai “ the chemistry of living thing”. Biokimia ini menjelaskan tentang semua makhluk hidup, baik yang bersel tunggal maupun yang bersel banyak yang sebenarnya tersusun atas zat tak  hidup. Dalam proses kehidupan zat tersebt bergabung dan bereaksi secara rumit tapi mempunyai keteraturan. Hal ini mendorong kekaguman kita terhadap penciptaan manusia yang begitu kompleks tapi penuh dengan keteraturan.
Biokimia bertujuan mempelajari proses transformasi serta fungsi senyawa yang diproduksi didalam sistem biologis sesuai dengan aktivitas kehidupan. Sehingga penggunaan ilmu biokimia menjadi sangat penting untuk mendasari pengetahuan kedokteran, pertanian, biologi, mikrobiologi, nutrisi dan ilmu-ilmu lainnya yang berhubungan dengan kehidupan.

biokimia


Hakikat proses kehidupan adalah organisme hidup mempunyai kemampuan untuk mengubah dan menggunakan energy lingkungannya dalam bentuk zat gisi organic, dan energy pancaran sinar matahari. Energy ini digunakan untuk membangun senyawa yang kompleks, mempertahankan hidup, melangsungkan kerja mekanis pada pergerakan, dan untuk memindahkan senyawa-senyawa kimia melalui membran.

Terdapat suatu kesederhanaan mendasar di dalam struktur makromolukuler, semua organism hidup menggunakan molekul unit penyusun yang sama dan diturunkan dari asal yang sama. Identitas tiap spesies atau organisme dipertahankan oleh sekumpulan asam nukleat dan protein yang khas bagi spesies yang bersangkutan. Jadi semua biomolekul mempunyai fungsi spesifik di dalam sel.

Organisme hidup membentuk dan mempertahankan struktur fungsional yang kompleks dan teratur dengan mempergunakan energy bebas pada lingkungan dan untuk mengembalikan bentuk-bentuk energy yang kurang bermanfaat ke lingkungan. Informasi genetik tercantum dalam unit-unit berukuran amat sangat kecil, unit-unit ini adalah keempat jenis nukleotida yang menyusun DNA.


Labels: Biologi, pendidikan

Thanks for reading Pengertian Biokimia. Please share...!

0 Komentar untuk "Pengertian Biokimia"

Back To Top